Minggu, 02 Oktober 2016

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN


Nama : Dina Lestari
NPM : 22216075
Kelas : 1eb17
Pengantar Bisnis
Dina Lestari |22216075| IT 022234

     Rangkuman  ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis .adapun isi penulisan ini seputar pengertian perusahaan,tempat dan kedudukaan letak perusahaan, perusahaan dan lembaga sosial, berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan, pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan . Metode yang digunakan adalah metode Pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan buku maupun informasi dari internet.

11. Perusahaan
           1.1 Pengertian
                Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seorang atau sekelompok orang yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi untuk memenuhi kebutuhan manusia yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Adapun pengertian menurut para pakar:
Ø  Menurut molengraff perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus untuk memperoleh penghasilan ,bertindak keluar, dengan memperdagangkan ,menyerahkan atau megadakan perjanjian –perjanjian perdagangan .pengertian peruasahaan disini tidak mempersoalkan tentangperusahaan sebagai badan usaha, namun justru perusahaan sebagai perbuatan jadi terkesan hanya meliputi kegiatan usaha.
Ø  Menurut polak perusahaan adalah dari susut komersil artintya baru dikatakan perusahaan apabila perhitungan laba rugi yang dapat diperkirakan dan dicatat setiap pembukuan yang dimaksud dengan laba adalah tujuan utama dari setiap perusahaan jika tidak demikian berarti bukan perusahaan dan tidak mempersoalkan perusahaan sebagai badan usaha.

           Perusahaan dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara menguntungkan .

2. Tempat dan kedudukan letak perusahaan
        2.1 Pengertian
                     Tempat kedudukan perusahaan merupakan letak berdirinya kantor pusat suatun perusahaan. Tempat kedudukan suatu perusahaan biasanya dipengaruhi oleh berbagai lembaga yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Sedangkan letak perusahaan adalah  tempat kediaman perusahaan melaksanakan kegiatan sehari-hari.
        2.2 Jenis letak perusahaan :
         1. Letak perusahaan yang terikat dengan alam merupakan perusahaan tersebut tergantung pada kondisi alam yang tidak di tentukan oleh manusia. Contoh pertanian ,pertambangan dan perikanan .
        2. Letak perusahaan berdasarkan sejarah tempat kedudukan perusahaan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarahnya masing-masing, di sejak awal pendiriannya dan tidak mau lagi pindah ke tempat lain karena mengandung sejarah yang baik. Contoh kerajinan batik di pekalongan,solo,jogja .
        3. Pemerintah merupakan letaknya ditentukan oleh pemerintah pada suatu lokasi berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Contoh masalah keselamatan umum, kesehatan, ketertiban dan pencemaran.

       2.3 Cara menentukan Lokasi Perusahaan:  
- Cara kualitatif : Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap faktor-faktor yang dianggap relevan atau memegang peranan pada setiap pilihan lokasi.
- Cara kuantitatif : Dengan cara ini hasil analisis kualitatif dikuantifikasikan dengan cara memberikan skor(niali)pada masing-masing kriteria

3. Perusahaan dan lembaga sosial
         3.1 Pengertian
              Perusahaan merupakan tempat untuk melakukan kegiatan produksi barang atau jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya . sedangkan Lembaga sosial adalah organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya.
          3.2 Tujuan pendirinya perusahaan :
 a. Tujuan ekonomis
          Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b. Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
     
        3.3 Sifat sistem perusahaan
a. Kompleks
b. Sebagai suatu kesatuan / unit.
c. Sifatnya beragam.
d. Saling tergantung.
e. Dinamis
                        
4. Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
         4.1 Pengertian
                       Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan dan masyarakat .
        4.2 Pembedaan lingkungan  :
 1. Lingkungan eksternal merupakan perusahaan yang berpengaruh tidak langsung mencakup kegiatan diluar perusahaan . lingkungan ekternal di bagi menjadi 2 yaitu:
          a) Lingkungan eksternal makro : lingkungan yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kegiatan usaha . contoh : ekonomi, sosial dan budaya,sumber daya alam .
          b) Lingkungan mikro : lingkungan yang berpengaruh secara langsung terhadap kegiatan produksi . contoh : pasar, distributor,pemasok, perantara,pasar.
2. Lingkungan internal merupakan  kegiatan berada dalam produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi . contoh : tenaga kerja, alat produksi , modal usaha ,bahan baku\ mentah .
         4.3 Faktor lingkungan :
v  Faktor perekonomian : hubungan dengan pasar saling tatap muka antara penjual dan pembeli barang dan jasa .
v  Faktor soial : adanya hubungan atau interaksi timbal balik antara manusia yang satu dengan manusian yang lain .
v  Faktor lingkungan politik : pemerintah mengatur kegiatan perusahaan .

5. pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
             5.1 Hubungan bisnis dan lingkungan
                   Kondisi bisnis banyak perpengaruh pada kehidupan kita . oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.
Hubungan bisnis dan lingkungan sangat erat kaitanya harus saling timbal balik atau sejajar . perusahaan tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan jika tidak sejajar,kemudian pengusaha bertambah banyak dan masyarakat lebih selektif sehingga timbul persaingan yang ketat diantara para pengusaha. Hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumenlah yang mampu bertahan. Keadaan ini disebut “buyer’s market” atau “pasar pembeli” yaitu keadaan dimana pembeli yang akan menentukan semuanya dan bukan bukan penjual. Dalam hal iini berlaku suatu ungkapan “pembeli adalah raja”.
Dalam  hal tersebut konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat faktor lingkungan.


Referensi
   – Rachmadi Usman, 2000. Hukum Ekonomi dalam Dinamika. 
   - DR.Basu Swastha.DH.,SE.,MBA dan Ibnu Sukotjo w.SE. pengantar bisnis modern. edisi ketiga .
    -  adektarisuryani.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar