Minggu, 09 Oktober 2016

Jenis jenis sistem operasi




PENGANTAR KOMPUTER TI IB

Rangkuman  ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah penganatar komputer TI IB isi penulisan mataeri ini pengertian,perkembangan, teknologi terkini. Metode yang digunakan adalah metode Pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan buku maupun informasi dari internet.

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

1. LINUX
Sejarah dan perkembangan
          Pada tahun 1991 Linus Benedict Torvalds adalah seorang mahasiswa tahun kedua Ilmu Komputer di University of Helsinki dan seorang hacker otodidak. Sejarah Sistem Operasi Linux dimulai saat linus Berusia 21 tahun yang suka bermain-main dengan kekuatan komputer dan batas-batas sistem yang dapat ditekan. Tapi semua itu kurang adalah sebuah sistem operasi yang dapat memenuhi tuntutan profesional. MINIX itu baik, tapi tetap saja itu hanyalah sebuah sistem operasi untuk siswa, dirancang sebagai alat pengajaran dan bukan satu kekuatan industri.
            Pada saat itu, programer komputer di seluruh dunia itu sangat terinspirasi oleh proyek GNU oleh Richard Stallman, sebuah gerakan perangkat lunak untuk menyediakan perangkat lunak bebas (linux) dan berkualitas. Dipuja sebagai pahlawan sekte dalam bidang komputasi, Stallman memulai karirnya di mengagumkan yang terkenal Laboratorium Artificial Intelligence di MIT, dan selama pertengahan dan akhir tahun tujuh puluhan, menciptakan editor Emacs.
           

Pada awal tahun delapan puluhan  perusahaan perangkat lunak komersial memikat pergi jauh dari programer brilian dari lab AI, dan bernegosiasi perjanjian menjaga rahasia ketat untuk melindungi rahasia mereka. Tetapi Stallman memiliki visi yang berbeda. Idenya adalah bahwa tidak seperti produk lain, perangkat lunak harus bebas dari pembatasan terhadap menyalin atau modifikasi untuk membuat lebih baik dan efisien cara kerja sistem program komputer
            Tahun 1983 terkenal dengan manifesto yang menyatakan awal proyek GNU, ia memulai sebuah gerakan untuk membuat dan mendistribusikan perangkat lunak yang menyampaikan filosofi (Kebetulan, nama GNU merupakan singkatan rekursif yang sebenarnya adalah singkatan dari "GNU is Not Unix").Tetapi untuk mencapai impian ini akhirnya menciptakan sebuah sistem operasi bebas (Linux), ia diperlukan untuk menciptakan alat pertama. Jadi, mulai tahun 1984, Stallman mulai menulis GNU C Compiler (GCC), sebuah prestasi luar biasa bagi seorang individu pemrograman. Dengan teknis legendaris sihir, dia sendiri kalah seluruh kelompok programmer dari vendor perangkat lunak komersial dalam menciptakan GCC, dianggap sebagai salah satu yang paling efisien dan kuat kompiler yang pernah dibuat. Pada 1991, proyek GNU menciptakan banyak alat. Yang banyak ditunggu Gnu C Compiler yang tersedia pada saat itu, tapi masih belum ada sistem operasi. Bahkan MINIX harus berlisensi. (Kemudian, pada bulan April 2000, Tanenbaum Minix dirilis di bawah BSD License.) Pekerjaan akan kernel GNU HURD, tapi itu tidak seharusnya keluar dalam beberapa tahun. dan akhirnya linux pun sekarang semakin berkembang dan tidak sepenuhnya dikomersilkan.


Kelebihan  Linux:
– Linux Bersifat open source, terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya (LISENSI FREE)  dan semuanya boleh di utak atik.
– Sekarang Linux sudah mudah di operasikan. Bahkan sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya beda dengan dulu pengguna linux identik dengan para hacker.
– Lebih unggul dalam hal keamanan karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.
– Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
– linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum.
– Linux mempu berjalan di dua mode.
– Linus lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.
– Ada bermacam-macam pilihan pada linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
– Mempunyai komunitas di berbagai penjuru dunia.

Kekurangan  Linux:
– User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
– Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux. Jika ingin melihat daftar-daftar hardware yang mendukung linux silahkan dilihat di
– Instalasi linux tidak semudah Instalasi windows.
– Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
– Bagi administrator sistem perlu belajar dahulu karena belum terbiasa dengan Unix
– Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows. 

Jenis-jenis linux

1. Slackware Linux
Slackware adalah distribusi linux yang pertama, yang pernah mengalami masa kejayaan ketika baru sedikit orang yang mengenal Linux. Bagi pengguna Linux senior, slackware merupakan suatu distribusi Linux yang penuh dengan tantangan. Slackware hadir dengan model yang sangat sederhana, tidak seperti distribusi linux yang lainnya. Slackware merupakan distribusi linux yang murni, dlam arti penampilannya yang sangat mirip dengan UNIX (UNIX Clone), sehingga membuat penggunanya merasa seperti menggunakan UNIX murni.

2. Corel Linux
Corel Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh salah satu distribusi Linux, yaitu Debian. Corel Linux sama seperti Linux lainnya, mendukung sistem operasi sistem open source dibawah naunan GNU. Corel Linux dapat anda beli Via internet dengan harga yang sangat terjangkau, jauh dari harga linux OS lainnya. Corel Linux dapat langsung diinstal dengan atau tanpa sistem operasi yang lain. Corel Linux juga bisa diinstall pada partisi dan file sistem windows, yang menjadikan Corel Linux seolah-olah adalah program aplikasi Windows.

3. Turbo Linux
Turbo Linux adalah Linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besa. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat saat ini dengan backup dari perusahaa-perusahaan terkemuka saat ini, seperti: Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Tishiba, Novel, dan SCO. Seperti dengan SuSE, Tuurbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer, setara dengan super komputer di Jerman untuk kepentingan jaringan di China dan Jepang. Bahkan di China, Turbo Linux diadaptasi sebagai sistem komputer utama mereka, dan dimasyarakatkan dalam bahasa China kepada masyarakatnya guna menyaingi dominasi dari Microsoft.

 4. Ubuntu Linux
Ubuntu Linux merupakan sebuah distro baru yang langsung mendapatkan tempat dihati para pengguna Linux khususnya bagi para Debian mania. Bagaimana tidak Ubuntu memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan debian sendiri.

 5.Redhat Linux
Redhat Linux merupakan linuxyang paling popular di Indonesia dan Amerika, dan dirancang khusus untuk server. Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai clientmaupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

6. Mandrake Linux

Mandrake Linux adalah saudara muda dari Redhat Linux, karna keduanya merupakan satu tempat produksi. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yan handal, dan diutamakan mengunakan Processor Pentium. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan penggunaan mandrake sebagai server yang handal juga. Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Sebelum keluarnya Corel Linu, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar.

 7.Caldera Linux
Caldera Linux merupakan salah satu jenis linux yang dirancan untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya. Caldera sendiri dirancang dengan tampilan keseluruhan dengan grafis.

2. Macintosh (Mac)

Sejarah dan perkembangan
Macintosh Operating System (MAC OS) merupakan system operasi computer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc adalah sebuah perusahaan silicon valley yang bergerak di bidang computer.
Apple pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insinyur Atari yang bernama Ronald Wayne. Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu, Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Produk pertama perusahaan Apple ini diberi nama Apple I diciptakan oleh Steve Wozniak.
Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Macintosh Operating System atau sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook Apple Macintosh.
Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface (GUI). Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill AtkinsonJef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Macintosh di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.
Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

 Mac OS terdiri dari 2 bagian besar yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X .

a) Mac OS Klasik
Mac OS “Klasik”, sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak memilik sembarang command line atau baris perintah; merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya. Karena mudah untuk di gunakan, sistem ini juga dikritik karena menggunakan cooperative multitasking.
Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS Klasik:
ü  Apple I
Apple I didasarkan pada 8-bit mikro prosesor, MOS 6502 Teknologi, hanya efektif jika dijalankan di bawah 1 MHZ. 6502 adalah sama seperti mikro prosesor yang paling mahal dari Motorola pada saat itu. Pada saat itu, CPU Intel 8080 seharga $US 179 dan Motoroal 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800, tetapi harga keduanya terlalu mahal . Dia pun kemudian sadar, dan hanya mendesign komputer di atas kertas, menunggu hari di mana dia mampu membeli CPU. Ketika MOS Technology memproduksi chip 6502 pada tahun 1976 dengan harga $US 20, Wozniak membuat sebuah versi BASIC untuk chip tersebut, dan mulai mendisain sebuah komputer untuk menjalankannya. Inilah mengapa Wozniak memilih MOS 6502. Komputer telah dibangun dalam terminal video, socket untuk 8K bytes onboard RAM, sebuah alat penghubung Keyboard , dan sebuah kaset board yang akan bekerja bersama perekam kaset reguler. Komputer telah memiliki sebuah motherboard yang sederhana dimana pengguna telah menyediakan sebuah kasus, yaitu Sumber AC power (arus listrik), ASCII keyboard, dan display device.

Apple I bisa secara langsung dihubungkan pada suatu televisi dengan suatu RF modulator muncul dalam suatu gulungan pajangan dengan 24 garis berbentuk masing-masing 40 karakter. Produk ini diperkenalkan kepasaran dengan harga $666.66 termasuk 4KB RAM dan tape Apple basic.
ü  Apple II
Dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih. Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini, monitornya tidak hanya bisa menampilkan teks, namun Apple II bisa menampilkan gambar, dan warna. Pada saat yang sama, Jobs menekankan design casing dan keyboard yang lebih baik, dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu, namun pengguna masih harus memasang berbagai macam komponen dan menulis kode untuk menjalankan BASIC.
Dengan dana dan design casing yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an, yang termasuk kedalam tipe Apple II adalah Apple II+, IIE, IIC, IIC+, IIE Enhanced, IIE Platinum, dan terakhir 16-bit IIGS, diperkenalkan di tahun 1986.
v  Apple DOS
Tidak Lama setelah Apple II diluncurkan, pada bulan juli 1978 meluncurkan system operasi Apple berbasis DOS pertama. Ini disadari bahwa sebuah disk drive adalah sangat mendesak untuk komputer. Wozniak menciptakan suatu disain brilian untuk sebuah floppy disk drive, dan demikianlah yang dibutuhkan DOS. Apple DOS tidak diberi nama versi I namun disebut Versi 3.1 karena ini implementasi yang merupakan suatu perbaikan perhitungan x.y Paul Laughton. Setiap kali ia meng-compile kembali source program, dimulai dengan x=0, y=1, dan setiap kali y mencapai 9, nilai x bertambah 1. Apple DOS beta telah diuji seperti Versi 3.
v  Apple Pascal
P-System dari Universitas California pada San Diego (UCSD) adalah yang sangat populer pada tahun 1970′s dan awal 80′s. Dua mahasiswa UCSD, Mark Allen dan Richard Gleaves mengembangkan suatu  microprosesor 6502 interpreter pada musim panas 1978, kemudiannya ini menjadi basis untuk Apple  II Pascal dilepaskan pada tahun 1979.
v  Apple CP/M
Di tahun 1980 Microsoft memperkenalkan suatu co-processor circuit board dengan nama Softcard. Itu mula-mula dinamakan Microsoft Z-80 Softcard, tetapi Microsoft lebih dulu menyebut kembali untuk menghindari gugatan dari Zilog, pembuat Z-80. Softcard memungkinkan Apple II untuk menjalankan program Z-80 berbasis pada sistem operasi CP/M yang mempunyai sebuah software program perpustakaan, seperti dBase dan Wordstar. Selain dari Microsoft ada kartu co-processor lain seperti Motorola 6809, kedua-duanya untuk Z-80.
ü  Apple III
Diperkenalkan pada tahun 1980 sebagai komputer untuk para pebisnis. System operasi baru ini diberi nama SOS (Sophisticated operating system). Setiap  program SOS juga membaca sistem operasi ke dalam memori. Setiap disk aplikasi SOS terdiri dari satu kernel (SOS.kernel), satu interepter (SOS. Interept), di mana bisa menjadi aplikasi bagi dirinya sendiri, beberapa aplikasi yang digunakan, dan sebuah set drivers (SOS driver).
v  Apple ProDOS
ProDOS dirilis pertama dengan versi 1.0 pada oktober 1983, sebagai pengganti untuk Apple DOS 3.3. Apple ProDOS ini merupakan peningkatan dari Apple SOS.
v  Macintosh 
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri. Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.
Jenis-jenis Macintosh:
• 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
• 1986: Macintosh Plus
• 1987: Macintosh II, Macintosh SE
• 1988: Macintosh IIx
• 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
• 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, Macintosh LC series
• 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
• 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
• 1993: Macintosh Centris, Color Classic, Performa, Macintosh TV
• 1994: Power Macintosh
• 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
• 1998: iMac
• 1999: iBook, Power Macintosh G4
• 2000: Power Mac G4 Cube
• 2001: PowerBook G4
• 2002: eMac
• 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
• 2004: iMac G5
• 2005: Mac mini


System 1 (24 Januari 1984 )
            Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain. System 1.0 ini mengadopsi konsep dari Xerox Alto, tetapi banyak elemen GUI nya dibuat oleh Apple sendiri, seperti menu bar, pop up menu, drag and drop serta direct manipulation. Bisa dibilang bahwa System 1.0 ini adalah sistem operasi yang mengenalkan GUI (Graphical User Interface) yang pada saat itu masih belum populer karena hampir semua komputer masih menggunakan command line. System 1.0 hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja dalam 1 waktu, dengan kata lain dia tidak mampu melakukan multitasking. Pada bulan 5 Mei 1984, Apple kembali merilis System 1.1 dengan Finder 1.1

System 2 (April 1985)
            System 2.0 diperkenalkan Apple pada April 1985. Dilengkapi dengan Finder 4.1 dan MiniFinder untuk membuka aplikasi dengan cepat. Selain itu juga diperkenalkan sistem pengambilan screenshot dengan menggunakan tombol Shift + Command + 3. Di System 2.0, pengguna bisa men-shutdown komputer melalui menu yang disediakan.

System 3 (Januari 1986)
Versi ini dirilis Apple pada bulan Januari 1986. System 3.0 hadir bersama dengan diperkenalkannya MacPlus. Dilengkapi dengan Finder 5.1, System 3.0 mampu berjalan lebih cepat daripada versi sebelumnya. Ini dikarenakan pada System 3.0 telah ada teknologi Disk Cache yang akan menyimpan kegiatan yang sering dilakukan di memori. Satu bulan kemudian System 3.1 dirilis. Dilanjutkan System 3.2 pada juni 1986 dan System 3.3 pada Januari 1987.

System 4 (Maret 1987)
            Apple merilis System 4.0 dengan finder 5.4 pada bulan Maret 1987. Selain perbaikan bug, tidak ada perubahan yang terlalu berarti di System 4.0 ini. System 4.0 ini hanya bisa dijalankan di Mac dengan RAM 512k keatas.
Anehnya hanya 1 bulan saja berselang, Apple merilis lagi System 4.1 dengan finder 5.5. Lebih anehnya lagi, system 4.1 ini hanya bisa dijalankan di Mac dengan RAM 1Mb keatas.

System Software 5 (System 5)
Disinilah kerancuan nama terjadi. Pada bulan Oktober 1987 Apple merilis System 4.2 dengan Finder 6.0. Namun mereka menamakannya System Software 5. Akhirnya banyak juga yang menyebut sistem operasi ini dengan nama System 5. Di versi ini, copy paste sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan dilengkapi progress bar dan tombol cancel.
Di System Software 5 ini pula pertama kalinya Apple memperkenalkan fitur Multitasking melalui dirilisnya MultiFinder. Lagi-lagi, satu bulan kemudian yaitu November 1987, Apple kembali merilis System 4.3 dengan Finder 6.0 atau banyak yang menyebutnya sebagai System Software 5.1.

System 6 (Juni 1988)
            Apple merilis System 6 tepat pada bulan Juni 1988. Ini adalah sistem operasi yang dibuat dengan lebih stabil dan berjangka waktu lama. System 6 mampu berjalan dengan cepat dan bisa menjalankan Floppy Disk hanya dengan 300-400 Kb RAM saja, menyisakan banyak RAM untuk menjalankan aplikasi-aplikasi lainnya.

System 7 (13 Mei 1991)
            Tepat pada 13 Mei 1991, Apple merilis sistem 7 dengan perubahan yang sangat signifikan. Ditambahkannya berbagai aplikasi baru, peningkatan stabilitas, serta fitur-fitur baru. System 7 memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk membuka banyak aplikasi sepanjang masih ada memory yang tersisa. Di versi ini pengguna juga bisa share file di hardisk melalui network.
Pada bulan Januari 1995, Apple merilis System 7.5 dan dilanjutkan dengan System 7.5.3 pada bulan Mei 1996.

    vMac OS 7.6 (Januari 1997) 
Apple mulai mengganti nama OS nya sejak dirilisnya System 7.6 pada Januari 1997. Mac OS 7.6 adalah System 7.6 yang diganti namanya dan sejak saat itu nama Mac OS mulai diperkenalkan untuk versi-versi selanjutnya.

v  Mac OS 8 (Juli 1997)
Pada bulan Juli 1997, Apple merilis Mac OS 8. Sistem operasi ini laku hingga 1,25 juta copy dalam waktu 2 minggu saja dan menjadi software paling laris dalam periode tersebut. Mac OS 8 sangat stabil dan saat itu menjadi semacam software “yang harus dimiliki” oleh semua komunitas pengguna Mac di tahun 1997.

v  Mac OS 9 (23 Oktober 1999)
Mac OS 9 dirilis pada 23 Oktober 1999. Di versi ini Apple memperkenalkan Multi User System, dimana setiap user bisa menyimpan data dan system settings mereka. Mac OS 9 memiliki implementasi dan manajemen memori yang lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. Di versi inilah Apple memperkenalkan Apple Software Update ntuk mengupdate OS.

b) Mac OS X
Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang jauh lebih baik dapt lebih banyak pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan sesuatu pengisian menghancurkan pengisian lainnya.
Berikut ini adalah perkembangan Mac OS X:
ü  Mac OS X v10 (Cheetah)
Dirilis pada 24 Maret 2001, Mac OS X v10 mengawali era tampilan modernnya dan meninggalkan tampilan klasiknya. Dibangun berdasarkan UNIX, benar-benar baru dan berbeda dari Mac OS 9 serta versi-versi sebelumnya. Di versi inilah pertama kali diperkenalkan adanya Dock untuk pengaturan aplikasi Mac OS.
ü  Mac OS X v10.1 (Puma)
Pada 25 September 2001, Apple kembali merilis sistem operasi terbarunya yaitu Mac OS X v10.1. Versi ini cukup diterima dengan baik walaupun ada banyak kritik mengenai kurangnya fitur dan banyaknya bugs yang mengganggu. Puma memiliki peningkatan performa yang cukup signifikan daripada versi-versi sebelumnya.

ü  Mac OS X v10.2 (Jaguar)
Dirilis pada 23 Agustus 2002, jaguar sangat diterima baik oleh pengguna Mac. Dengan stabilitas yang lebih tinggi, peningkatan performa dan kecepatan serta kompatibilitas yang lebih baik. Di versi inilah pertama kalinya Apple mengikutsertakan Code Name (Jaguar) ke setiap campaign iklan yang mereka lakukan.
ü  Mac OS X v10.3 (Panther)
Mac OS X Panther dirilis pada 24 Oktober 2003. Di versi ini aplikasi TextEdit dibuat kompatibel dengan dokumen Microsoft Word (.doc). Ada juga beberapa aplikasi baru yang disertakan seperti Font Book, FileVault, iChat AV dan Safari. Di versi inilah pertama kalinya browser Safari diperkenalkan untuk menggantikan Internet Explorer untuk Mac.
ü  Mac OS X v10.4 (Tiger)
Mac OS X Tiger dirilis pada 29 April 2005 dan laku hingga 2 juta copy di enam minggu pertama perilisannya. Pada bulan Juni 2007 bahkan lebih dari 22 juta pengguna Mac OS, atau lebih dari 67% pengguna Mac OS X menggunakan Tiger. Di versi inilah mulai diperkenalkan beberapa aplikasi baru seperti Automator, Grapher, Dictionary, Quartz Composer, Au Lab dan Dashboard.
ü  Mac OS X v10.5 (Leopard)
Mac OS X Leopard dirilis 26 Oktober 2007 dan hadir dalam 2 versi, desktop dan server. Pasca dirilisnya Tiger, ada lebih dari 300 perubahan yang dilakukan Apple di Leopard ini. Mulai dari peningkatan security, stabilitas hingga berbagai fitur baru untuk developer.
ü  Mac OS X v10.6 (Snow Leopard)
Dirilis pada 8 Juni 2009, Snow Leopard hadir dengan harga yang sangat murah dibanding versi-versi lainnya, yaitu hanya $29 saja. Snow Leopard mengalami banyak sekali peningkatan performa, efisiensi, dan pengurangan memory footprint.
ü  Mac OS X v10.7 (Lion)
Mac OS X Lion atau yang lebih gencar dipromosikan sebagai OS X Lion pertama kali diperkenalkan pada 20 Oktober 2010. Disini banyak sekali perubahan yang dibuat oleh Apple seperti support Mac App Store, mudah melihat aplikasi mana yang sudah terinstall, serta berbagai pengembangan terkait dengan Apple iOS.
ü  Mac OS X v10.8 (Mountain Lion)
Ini dia versi OS X paling gress saat ini, Mountain Lion baru saja dirilis pada 25 Juli 2012 kemarin. Mountain Lion hadir dengan berbagai fitur, misalnya saja digantinya iChat dengan Messages yang support iMessages. Dengan fitur ini setiap pengguna bisa mengirimkan pesan secara tak terbatas ke seluruh pengguna Mac, iPhone, iPad, iPod Touch. Selain itu Mountain Lion juga dilengkapi dengan browser Safari 6 terbaru yang belum bisa dinikmati oleh Mac OS versi sebelumnya.

Kelebihan Mac :
  1. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain grafik/multimedia.
  2. Tidak mudah terserang virus, Karena dirancang oleh security oriented.
  3. Mempunyai program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tetapi juga di Internet.
  4. High Performance khususnya untuk MAC OS X yang dapat untuk melakukan semua hal dalam menjalankan aplikasi dengan kecepatan baik.
  5. High performance, bisa melakukan semua hal yang hanya dilakukan di MAC dengan kecepatan tinggi.
  6. OS yang lumayan begitu banyak peminatnya, khususnya para graphic designer.
Kelemahan Mac:
  1. Software untuk OS ini belum begitu lengkap seperti pada windows.
  2. Harganya masih terlalu mahal.
  3. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.
  4. Tidak bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan.
  5. Hanya berguna bagi Graphic Designer.
  6. Mac tidak bisa dirakit sendiri.
  7. Softwarenya tidak begitu lengkap, dan kurang cocok bagi para gammers atau untuk bermain game, karena tampilannya kurang begitu menarik


3. UNIX

Sejarah dan perkembangan
        UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. Terciptanya UNIX bermula ketika pada tahun 1965 para ahli Bell Telephone Labolatoris (Bell Labs) milik AT&tT yang bekerja sama dengan General Electric dan Project Mac of MIT untuk membuat sistem operasi yang bernama Multics. Pada tahun 1969, project MULTICS oleh AT&T dihentikan karena terlambat, tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, juga karena jauhnya jarak antara periset yang mengembangkannya, antara labolatorium New Jersey dan MIT. Pada tahun 1969 juga, Ken Thompson, peneliti yang juga bekerja pada project MULTICS menggunakan komputer PDP-& mencoba merealisasikan ide MULTICS berkerja sama dengan Dennis Ritchie, yang juga sebelumnya bekerja dalam project MULTICS.
UNIX berbeda dengan Multics. UNIX memenuhi keunggulan yang sebenarnya diharapkan ada pada Multics. Yaitu:

1. Multylevel File system.
2. Multyuser dan Multyprosesor.
3. Desain arsitektur yang independen terhadap suatu hardware.
4. Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus.
5. Memilki user interface yang sederhana.
6. Cocok untuk lingkungan pemrograman.
7. Memiliki utilitas yang dapat saling digabungkan.


Ilmuan AT&T banyak menambahkan kemampuan pada UNIX pada tahun 1970, sehingga banyak program-program kecil yang disebut tools di UNIX, masing-masing digunakan untuk melakukan suatu fungsi. Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan bahasa C yang baru dari Ritchie, bahasa C dirancang untuk dapat dibawa portable dari komputer satu ke komputer lainnya. Tahun 1977, Mike Lesk mengembangkan “ported I/0 library”, library yang dapat dibawa untuk mengatasi kesulitan membawa UNIX dari satu komputer ke komputer lain karena perbedaan penanganan sistem I/0 dari setiap komputer, Unix pertama kali dibawa kedalam laboratorium Interdata 8/32, komputer mikro yang sama dengan PDP-11. Tahun 1978, sistem operasi UNIX dibawa kedalam komputer mini VAX. sampai dengan saat ini Unix masih banyak sebagai sistem eksperimental. Awal 1973 lebih dari 16 AT&T atau Western Electric di luar laboratorium Bell menjalankan sistem operasi Unix, Unix kemudian menyebar. Tahun 1977 sedikitnya 500 tempat menggunakan sistem operasi Unix, 125 diantaranya adalah perguruan tinggi dan lebih dari 10 negara asing. Pada tahun 1977 juga keluar Unix Versi 6 yang memiliki dukungan komersial. Universitas California di Berkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) untuk mendapatkan sumber Unix yang didalamnya terdapat kode sumber Unix yang lengkap. Bill joy dan Chuck Haley, lulusan dari Berkeley, mulai mengubah.


Kelebihan Unix 

  • Portabilitas : mudah diadaptasikan dengan mudah ke komputer yang lainnya.
  • Multiuser : mampu digunakan oleh banyak pengguna sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
  • Multitasking : bisa menjalankan tugas nya secara bersamaan dalam kurun waktu bersamaan.
  • Sistem dari file bersifat hirarkikal, dimana mampun dalam hal pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah di akses dan juga di ingat.
  • UNIX ini merupakan sistem operasi yang hampir semua gratis.

Kelemahan Unix 

  • Dari segi tampilan kurang menarik daripada os yang lainnya.
  • Lalu jug membutuhkan memori yang cukup besar.
  • Tidak banyaknya game-game besar yang bisa di jalankan pada platform ini.
  • Untuk beberapa hardware pun  begitu sulit dalam menyediakan driver untuk Linux.
  • Sulit digunakan untuk pengguna pemula.
Lapisan-lapisan yang terdapat pada Unix :
a. Shell, yaitu penghubung antara sistem Unix dengan user (pemakai).
Jenis-jenis Shell di antaranya : Bourne Shell, C Shell, Korn Shell, dan Bourne Again Shell.
b. Kernel, yaitu inti dari sistem UNIX yang mengendalikan perangkat keras dan membentuk berbagai fungsi.
Fungsi-fungsi yang dikerjakan Kernel adalah :
ü  Pelayanan tanggal dan jam sistem
ü  Manajemen berkas dan penanganan security
ü  Pelayanan operasi masukan dan keluaran.
ü  Penjadwalan proses.
ü  Manajemen memori.
ü  Melakukan kegiatan akuntansi komputer.
ü  Melakukan penanganan kesalahan dan interupsi.
c. Utilitas merupakan program yang disediakan oleh sistem Unix untuk melakukan tugas-tugas tertentu contohnya :
·         Utilitas manajemen file dan direktori
·         Utilitas penyunting berkas
·         Utilitas penunjang komunikasi dan jaringan

        Jenis-jenis UNIX


Nama varian UNIX
Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
A/UX
Apple Computer
Domain/X
Apple Computer
Darwin
Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).
CTIX
Convergent Technology
Distrix
Convergent Technology
UniCOS
Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)
DG/UX
Data General Corporation
Digital UNIX
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Ultrix
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
CLIX
Fairchild Company
HP/UX
Hewlett-Packard
Tru64
Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX
International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent
Mark William Company
XENIX
Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX
Northern Telecom
UnixWare
Novell Incorporated
SCO UNIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServer
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Dynix
Sequent
SINIX
Siemens Corporation/Nixdorf
IRIX
Silicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOS
Stanford Universities Network (SUN)
Solaris
Sun Microsystems Incorporated
OpenSolaris
Sun Microsystems Incorporated
Illumos
Illumos.org
Eunice
The Wollongong Group
Uniplus+
Unisoft Corporation
BSD UNIX
Universitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat
BSD/I
BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1
Open Software Foundation



Referensi
http://language-komputer.blogspot.com/2011/03/sejarah-dan-perkembangan-sistem-operasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar