Sabtu, 24 Desember 2016

BISNIS INTERNASIONAL

PENGANTAR BISNIS
DINA LESTARI
| 22216075 | IT 022234 |

Dalam menyusun tugas rangkuman ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Tugas ini untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis yang diberikan oleh Dosen untuk softskill dalam pembuatan blog, metode yang digunakan adalah metode pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan buku maupun informasi dari internet.

1.  Hakikat Bisnis Internasional
Bisnis internasioanl merupakan suatu kegiatan yang menyangkut segala macam transaksi bisnis diantara dua Negara atau lebih.
            Menurut beberapa ahli pengertian bisnis internasioanl :
a)  Daniels, Radebaugh dan Sullivan : Semua transaksi komersial baik oleh swasta maupun pemerintah diantara dua negara atau lebih.
b)   Charles WH Hill : Perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional.
c)    Ball, Frantz dan Minor : Bisnis yang kegiatannya melampaui batas negara.
Transaksi bisnis dilakukan oleh perusahaan dalam satu negara dengan perusahaan lain atau individu dinegara lain disebut pemasaran internasioanl. Pemasaran internasional ini biasanya diartikan sebagai bisnis internasional. Ada 2 macam transaksi bisnis internasional :
a)    Pemasaram Internasional (Internationam Marketing)
Pemasaran internasional yang sering disebut bisnis internasional merupakan suatu perusahaan terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan negara lain perusahaan lain atau pun masyarakat umum diluar negeri. Pemasaran internasional berlangsung diseluruh dunia setiap hari mempunyai dampak besar atas kehidupan manusia untuk kelangsungan hidup dan keberhasilan perusahaan. Pemasaran internasioal di perlukan karena dari sudut pandangan nasional memberikan jawaban antisipasi positif yang dinamis.
b)    Perdagangan internasional (Internation Trade)
Perdagangan internasional merupakan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk lain atas dasar kesepakatan bersama atau suatu hubungan kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh negara yang satu negara lain yang berkaitan dengan barang dan jasa sehingga mampu membawa suatu kemakmuran bagi suatu negara.
Faktor penyebab terjadinya perdagagan internasional :
1.    Produk luar negeri tidak seimbang dengan pasar.
2.    Perbedaan dalam memproduksi barang.
3.    Negara tidak bisa memproduksi barang tidak sesuai permintaan.
Manfaat perdagangan internasional :
1.    Menjalin persahabatan antar negara.
2.    Memperluas pasar dan menambah keuntungan.
3.    Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi dinegara sendiri.
4.    Transfer teknologi modern.

2.  Alasan Melaksanakan Bisnis Internasional
Setiap negara melaksanakan bisnis internasioanal mempunyai alasan :
1.    Negara-negara berdagang setiap negara berbeda satu sama lain.
2.    Masalah transport cost.
3. Negara-negara berdagang satu sama lain dengan tujuan mencapai skala ekonomis dalam produksi.
4.    Masalah mobilitas faktor produksi.
5.    Memperluas pemasran atau penjualan.
6.    Memperoleh akses bahan baku dan faktor-faktor produksi lain.
7.    Mendapatkan akses pengertahuan khususnya pada teknologi.


3. Tahap-Tahap Dalam Memasuki Bisnis Internasional
a)    Ekspor Insidentil  
Untuk masuk kedalam dunia bisnis internasional suatu perusahaan pada umumnya dimulai dari suatu keterlibatan yang paling awal yaitu dengan melakukan ekspor insidentil. 
b)    Ekspor aktif
Tahap ini perusahaan negeri sendiri mulai aktif untuk melaksanakan manajemen atas transaksi itu. 
c)    Penjualam lisensi
Tahap ini negara pendatang menjual lisensi atau merk produknya kepada negara penerima.
d)    Franchising
Tahap berikutnya mrupakan tahap yang lebih aktif lagi yaitu perusahaan disuatu negara menjual tidak hanya lisensi atau merek dagangannya saja akan tetapi lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi, resep-resep campuran proses produksinya.
e)    Pemasaran diluar negeri
Bentuk ini memerlukan intensitas manajemen serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan pendatang (Host Country) haruslah betul-betul secara aktif dan mandiri untuk melakukan manajemen pemasaran bagi produknya itu dinegara asing (Home Country). 
f)     Produksi dan pemasaran diluar negeri
Tahap yang terakhir adalah tahap yang paling intensif dalam melibatkan diri pada bisnis internasional tahap ini juga disebut sebagai “ Total Internaional Business” bentuk inilah yang menimbulkan MNC atau Multy National Corporation yaitu perusahaan Multi Nasional. Dalam tahap ini perusahaan asing datang dan mendirikan perusahaan di negeri asing itu lengkap dengan segala modalnya lalu melakukan proseses produksi dinegeri itu kemudian menjual hasil produksinya itu di negeri itu juga. Bentuk ini memiliki unsur positif bagi negara sedang berkembang karena dalam bentuk ini negara penerima tidak perlu menyediakan modal yang sangat banyak untuk mendirikan pabrik tersebut yang pada umumnya negara berkembang masih miskin dana untuk pembangunan bangsanya.

4. Hambatan Dalam Memasuki Bisnis Internasional
Melaksanakan bisnis internasional tentu saja akan lebih banyak memiliki hambatan ketimbang di pasar domestic. Negara lain tentu saja akan memiliki berbagai kepentingan yang sering kai menghambat terlaksannya transaksi bisnis internasional. oleh karena itu maka terdapat beberapa hambatan dalam bisnis internasional yaitu :
a)    Batasan perdagangan dan tariff bea masuk.
b)    Perbedaan bahasa, social budaya/cultura.
c)    Perbedaan dalam hal bahasa.
d)    Perbedaan kondisi sosial budaya.
e)    Kondisi politik dan hukum/perundang-undangan.
Hambatan perdagangan atau bisnis internasional yang lain adalah masalah operasional yakni transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan ke negara yang lain. Transportasi ini seringkali sukar untuk dilakukan karena antara kedua negara itu belum memiliki jalur pelayaran kapal laut yang reguler. Hal ini dapat mengakibatkan biaya pengangkutan atau ekspedisi menjadi sangat mahal yang dikarenakan pengangkutnya hanya melayani satu negara itu saja.

5.  Perusahaan Multinasional
Perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang berusaha dibanyak negara perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang dibanyak negara.
Ciri-ciri perusahaan multinasional :
a) Pengembangan system managemen dan distribusi yang melintasi batas-batas negara terutama system modalmventure, lisensi dab franchise.
b) Lingkup kegiatan generating perusahaan multinasional melampau batas-batas negara.
c)    Perdagangan dalam perusahaan multinasional kebanyakan terjadi didalam lingkup perusahaan itu sendiri walaupun antar negara.
Kelebihan dan kelemahan perusahaan multinasional
Kelebihan :
a)    Menambah devisa negara melalui penanaman dibidang ekspor.
b)    Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru.
c)    Ikut mendukung pembangunan nasional.
d)    Mengurangi kebutuhan devisa untuk import disektor industry.
Kelemahan :
a)    Menciptakan ketidakstabilan ekonomi.
b)    Menghambat pertumbuhan usaha kecil dan menengah.
c)    Munculnya konflik perusahaan multinasional dengan negara.
d)    Keuntungan mengalir ke luar negri.
Peranan perusahaan multinasional :
   a)    Mendorong peningkatan investasi.
   b)    Mengurangi monopoli usaha.
   c)    Memperluas kesempatan kerja.
   d)    Mendorong akses masuknya negara dalam perdagangan internasional.





Kesimpulan
Bisnis internasional merupakan suatu bisnis yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas kesepakatan bersama. Banyak hal yang menyebabkan ketidakmampuan satu negara memenuhi kebutuhan penduduknya yaitu keterbatasan sumber daya, keterbatasan teknologi sehingga suatu negara harus menjalin hubungan dengan negara lain. Hampir semua negara menganut perekonomian terbuka sehingga memungkinkan untuk menjalin kerja sama dengan negara lain sedangkan negara yang tidak melakukan hubungan perdagangan dengan negra lain merupakan perekonomian tertutup. Contoh industri kerajinan dalam negeri dapat diperluas pasarnya dengan melakukan perdagangan internasional. Tujuan perdagangan internasional melindungi kepentingan ekonomi nasional dari pengaruh negatif perdagangan internasional, melindungi kelangsungan produsen dalam negeri dan menjaga tingat pertumbuhan ekonomi.



Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_multinasional
https://ginayuputri.wordpress.com/2015/01/04/bab-14-bisnis-internasional/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar