PENGANTAR
BISNIS
Akuntansi
dan laporan keuangan
DINA LESTARI
| 22216075 | IT 022234
Dalam
menyusun tugas rangkuman ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Tugas ini
untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis yang diberikan oleh Dosen
untuk softskill dalam pembuatan blog, metode yang digunakan adalah metode
pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data
dari pustaka yang berhubungan dengan buku maupun informasi dari internet.
1. Pengertian Akuntansi
Akuntansi
merupakan suatu ilmu yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk
melaksanakan kegiatan suatu organisasi.
Akuntansi menurut beberapa ahli :
a) Weygent,
Kieso dan Kimmel akuntansi adalah sistem informasi yang mengidentifikasi,
mencatat dan mengkomunikasikejadian-kejadian ekonomi suatu organisasi kepada
para pengguna.
b) Kohler’s
Dictionary akuntansi adalah suatu seni dalam pencatatan dari proses transaksi
keuangan.
c) West
Churman akuntansi adalah suatu pengalaman tertulis yang berguna untuk mengambil
sebuah keputusan yang terjadi dalam perusahaan.
d) Arnold
akuntansi adalah suatu system untuk menyediakan informasi keuangan kepada siapa
saja untuk mengendalikan penerpan keputusan tersebut.
e) Suparwoto
akuntansi adalah suatu teknik pengukuran dan pengelolahan transaksi yang
menyajikan hasil dalam bentuk informasi kepada pihak dalam dan luar perusahaan.
2. Fungsi Akuntansi
a) Akuntansi
dapat mendorong tata kelola perusahaan yang baik.
b) Akuntansi
dapat membantu manajemen dalam menetapkan harga jual yang paling tepat sesuai dengan
harga pokok serta memperhatikan respon konsemen atau pasar.
c) Agar
dapat mengetahui laba atau pun rugi yang sudah didapat oleh perusahaan.
d) Untuk
mengetahui suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah
ditentukan.
e) Membantu pihak-pihak yang berkepentingan untuk menilai
kinerja manajemen melalui laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan.
f) Sebagai
informasi keuangan suatu organisasi.
3. Pihak – Pihak yang Berkepentingan
1. Pihak
Internal
a) Pemilik
perusahaan menganalisis laporan keuangan pemilim dapat menilai berhasil atau
tidaknya manajemen dalam pemimpin perusahaan.
b) Pihak
Manajemen berkepentingan langsung dan sangat membutuhakan informasi keuangan
untuk tujuan pengendalian, pengorganisasian dan perencanaan suatu organisasi.
2. Pihak
Eksternal
a) Karyawan : Sangat berkepentingan dari perusahaan tempat mereke bekerja karena sumber
penghasilan mereka tergantung pada perusahaan yang bersangkutan.
b) Kreditur
: Pihak yang menginvestasikan sumber
daya melalui pembelian kredit pada perusahaan dengan adanya pengembalian berupa
bunga sesuai perjanjian.
c) Pemerintah
: Mempunyai kepentingan terhadap kinerja ekonomis perusahaan berhubungan dengan
pajak yang akan diterima pemerintah.
d) Pelanggan
: Pihak yang
mengkonsumsi hasil atau produk perusahaan pada saat tertentu aka nada pelanggab
yang sangat tergantung pada produk- produk tertentu.
e) Pemilik
: Pihak yang menginvestasikan sumber dayanya baik dalam bentuk dana maupun
alat.
4. Prinsip
Akuntansi
v Prinsip
Harga Perolehan
Merupakan prinsip akuntansi
yang menekankan pada aspek liabilitas, aset, modal dan penghasilan serta biaya
yang dibutuhkan sebagain harga perolehan yang disepakati oleh pihak – pihak
yang bertransaks.
v Prinsip
Realisasi Penghasilan
Merupakan prinsip yang
mempelajari pengukuran, pengertian dan pengakuan terhadap penghasilan.
v Prinsip
Konsistensi
Merupakan prinsip
menghendaki laporan keuangan harus memounyai daya banding. Daya banding dapat
ditentukan oleh konsistensi penggunaan teori, metode, dasar, pedoman dan Pratik
akuntansi yang sama yang diterapkan tahun sebelumnya.
v Prinsip
Dasar Tunai
Merupakan mencatat terjadinya
transaksi khususnya biaya dan penjualan didasarkan pada saat diterima dan
dikeluarkan uang oleh perusahaan.
v Prinsip
Objektif
Merupakan memastikan laporan keuangan yang dihasilkan
harus berdasarkan pada data akuntansi yang didukung oleh bukti transaksi yang
bersifat rial dan objektif.
v Prinsip
Pengungkapan Penuh
Merupakan untuk memastikan
laporan keuangan yang disusun hendaknya dapat menghasilakan dan memberikan
semua informasi baik yang bersifay kuantitatif maupun kualitatif.
v Prinsip
Dasar Akrual
Merupakan mengatur bahwa
suatu transaksi diakui atau dicatat pada saat terjadinya bukannya dicatat pada
saat diterima atau dikeluarkan uang.
5. Pengertian
Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan
suatu informasi mengenai keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu yang
digunakan untuk menggambar kinerja suatu perusahaan. Umumnya laporan keuangan
dikelompokan menjadi 4 kelompok bagian yaitu laporan laba rugi, neraca, arus
kas dan laporan perubahan.
Menurut beberapa para ahli pengertian laporan keuangan :
a) Sundjaja
dan Berlin merupakan suatu laporan yang menggambarkan hasil dari proses
akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi bagi pihak-pihak yang
berkrpentingan data keuangan atau aktivitas perusahaan.
b) Myer
merupakan dua daftra yang disusun oleh akuntan pada akhir periode untuk suatu
perusahaan.
c) Soermarso
merupakan hubungan antara satu angka dalam laporan keuangan dalam angka lain
yang mempunyai makna atau penjelas arah perubahan suatu fenomena.
d) Munawir
merupakan bersifat historis dan menyeluruh sebagai suatu laporan kemajuan.
6. Isi laporan Keuangan
1) Laporan laba rugi
merupakan laporan yang menujukkan pendapatan dan beban perusahaan selam periode
akuntansi, pendapatan dan beban dibandingkan untuk mengetahui laba rugi atau
rugi perusahaaan.
2) Laporan perubahan ekuitas merupakan
laporan yang menunjukkan perubahan ekuitas perusahaan selam periode akuntansi
tertentu. Laporan perubahan modal terdiri modal awal, laba, rugi, penambahan
modal oleh pemilik dan pengambilan oleh pemilik contoh persamaan untuk
perusahaan bentuk perseorangan.
3) Neraca merupakan laporan keuangan
yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu. Posisi
keuangan meliput aktiva, hutang dan modal.
4) Laporan arus kas merupakan laporan
keuangan yang menunjukkan aliran kas masuk dan kas keluar selama periode
akuntansi tertentu. Komponen aliran kas dibagi dalam operasi, investasi dan
keuangan baik pada aliran kas masuk maupun aliran kas keluar.
7.
Bentuk Neraca
a) Neraca bentuk staffel (laporan)
merupakan neraca yang mempunyai satu sisi dimana penyajiannya yang pertama
disajikan seluruh aktiva kemudian diikuti oleh utang dan modal.
b) Neraca bentuk scontro (akun) merupakan
bentuk neraca yang mempunyai dua sisi, sisi kiri merupakan sisi debit yang
berisikan harta perusahaan sedangkan sisi kanan merupakan sisi kredit yang
berisikan kewajiban perusahaan.
8.
Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi merupakan suatu
daftar tempat mengiktisarkan pendapatan dan beban yang terjadi pada periode
akuntansi. Setelah pendapatn dan beban-beban diikhtisarjan kemudian bandingkan jumlah pendapatan dan
jumlah beban, selisihnya disebut saldo laba atau saldo rugi pada periode
tertentu.
Langkah-langkah penyusun laporan laba
rugi :
1. Menyediakan formulir laporan laba rugi
lengkap dengan judul laporan, dahulukan mencatat jumlah pendapatan dengan
mengambilan dat dari kolom laba rugi disisi kredit.
2. Mencatat semua saldo akun beban secara rinci
dengan mengambil data dari kertas kerja sisi debit dan menunjumlahkan sehingga
diperoleh jumlah beban operasional.
3. Langkah terakhir membandingkan jumlah
pendapatan dengan jumlah beban operasional.
a. Apabila
jumlah pendapatan lebih besar dari pada jumlah beban disebut saldo laba bersih.
b. Apabila
jumlah pendapatan lebih kecil dari pada jumlah beban disebut saldo rugi bersih.
Laporan laba rugi
biasanya berbentuk laporan/staffel yaitu kelompok pendapatan dicatat diatas dan
kelompok beban usaha dicatat dibawah kemudian diikuti oleh laba atau rugi.
Unsur-unsur laporan laba rugi :
·
Pendapatan dan penjualan
- dikurangi beban pokok
penjualan
·
Laba/rugi kotor
- dikurangi beban usaha
·
Laba/rugi usaha
-
ditambah atau dikurangi penghasilan/beban lain
·
Laba/rugi sebelum pajak
-
dikurangi beban pajak
·
Laba rugi bersih
9.
Bentuk Laporan Laba Rugi
1. Multiple step merupakan penyusunan laporan laba rugi
dalam bentuk disusun secara bertahap mulai dari kelompok pendpatam dan beban
usaha, pendapatan luar usah dan beban luar usaha. Sampai dengan kelompok
pendaptan lain-lain dan beban lain-lain. Bentuk multi steep ini banyak
digunakan diperusahaan dagang atau perusahaan industry.
2. Single step merupakan bentuk penghasilan usaha dan diluar
usaha disusun dalam satu kelompok begitu juga beban-beban usaha serta diluar
usaha, laba rugi bersih hitung dengan cara mengurangi total penghasilan dengan
total beban. Bentuk single step ini digunakan pada perusahaan jasa.
10.
Tujuan laporan keuangan
1. Memberikan informasi
tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi
sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam rangka membuat
keputusan-keputusan ekonomi.
2.
Menunjukkan pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber-sumber daya
yang dipercayakan kepada mereka.
3.
Memberikan informasi tentang biaya dan jenis biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam
satu periode tertentu.
4. Memberikan informasi tentang
perubahan-perubahan ysng terjadi terhadap aktiva, pasiva dan modal perusahaan.
5.
Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan kewajiban suatu
perusahaan yang timbul dari kegiatan usaha dalam rangka memperoleh laba.
Kesimpulan
Akuntansi
merupakan proses pencatatan, peringkasan, penggolongan data keuangan suatu
organisasi. Akuntansi telah digunakan oleh banyka perusahaan untuk mengukur
kinerja dengan akuntansi sangat banyak keputusan yang diambil. Akuntansi membantu
para manajer perusahaan dengan akuntansi dapat disusun laporan anggaran karena
akuntansi mencatat semua transaksi yang telah terjadi. Perusahaan yang
menerapkan akuntansi yang baik menghasilkan informasi yang terpercaya akan
menghasilkan yang baik tidak diragukan lagi akuntanbilitasnya. Membantu pihak-pihak
untuk menilai kinerja manajemen melalui laporan keuangan yang dihasilkan
perusahaan.
Laporan keuangan merupakan hasil dari proses
akuntansi yang digununakan sebagai data keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan
informasi tertentu sehungga informasi yang dihasilkan baik untuk mengambil
keputusan kinerja manajemen diproses oleh akuntansi. Dalam menyusun laporan
keuangan harus disusun dan memperhatikan yang telah ditentukan. Menyakut posisi
keuangan seperti aset, liabilitas dan ekuitas.
Referensi
M.
Suparmoko. Ekonomi 3 penerbit quadra, kurikulim 2013
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-tujuan-dan-fungsi-akuntansi-keuangan-terlengkap/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar