Kamis, 07 Maret 2013

salat sunah

     salat  sunah adalah salat tambahan  yakni amalan salat selain salat wajib lima waktu.  salat sunah di lakukan untuk menambah amal kebajikan. salat sunah memiliki keistimewaan dan keutamaan yaitun menambah pahala kita dan menutupi kekurangan -kekurangan yang terdapat salat fardu yang kita lakukan .

A.salat sunah berjamaah
       salat sunah berjamaah adalah salat sunah yang di lakukan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama .adapun macam-macam salat sunah yang di lakukan secara berjamaah yaitu:
   1.salat idain
          dalam agama islam terdapat dua hari raya idain atau hari besar dalam setiap tahun yaitu idul fitri, danidul adha.idl fitri jatuh pada tanggal 1 syawal dan idul adha jatuh pada tanggal 10zulhijjah.pada ketua hari raya tersebut sangat di anjurkan mebgerjakan salat idain secara berjamaah ,baik di masjid ,tanah lapangan ,atau tempat lain yang luas.
  2.salat tarawih
      salat taraih merupakan ibadah salat sunah yang di lakukan pada malam hari bulan ramadhan .semua ibadah yang di lakukan padad bulan ramadhan memilikik kelebihan dalam nilainya di bandingkan ibadah pada bulan-bulan lain.cara melaksanakan tarawih dapat di kerjakan dengan 2 rakaat satu salam ,kemudian 3 rakkat satu salam (witir)atau dengan cara 4 rakkat satu salam kemudian salat witir 3 rakaat.
   3.salat witir
       salat witir adalah salat sunah yang jumlah rakkatnya ganjil .jumlah rakaat ganjil adalah paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat .
    4.salat sunah gerhana (matahari dan bulan )
           salat gerhana adalah salat sunah yang di kerjakan ketika gerhana matahari atuau gerhana bulan.jumlah rakaatnya yaitu dua rakaat dengan 4 kali rukuk ,empat kali membaca surat al-fatiha dan  kali sujud.
    5. salat sunah istisqo'
          salat istisqo' adalah salat minta hujan .
   6.salat sunah jenazah
          salat jenazah adalah salat sunah yang di lakukan utuk jenazah .setiap muslim yang meninggal baik laki-laki maupun perempuan wajib di salati oleh muslim yanhg masih hidup dendan status hukum fardu kifayah .

























 
B. salat sunah munfarid
          salat sunah munfarid adalah salat sunah yang di lakukan sendirian tidak ada imamataupun makmum. adapun yang termasuk salat sunah munfarid yaitu:
       1.salat rawatib
                   islam memberi kesempatan yang seluas -luasnya kepada kaum muslimin untuk menambah pahala ibadah melalui salat .salat rwatib adalah salt sunah yang menyertai salat wajib salat rawatib di lakukan sebelum dan sesudah salat wajib.
       2.salat tahiyatul masjid
                    salat tahiyatul masjid dapat di laksanakan kapan saja setiap hendak beribadah di masjid.
         3. salat tahajud
                    salat tahajud adalah salat sunah yang di kerjakan pada waktu malam antara waktu salat isya sampai dengan fajar sidiq (menjelang subuh)
         4. salat dhuha
                   dhuha menurt bahasa pagi hari menurut istilah adalah salat sunah yang di kerjakan pada waktu pagi hari, dengan sekurang - kurangnya 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat .
         5. salat istikharom
                     salat istikharom adalah salat sunah yang di lakukan untuk meminta petunjuk kepada allah swt dalam menentukan pilihan yang terbaik dari setiap  urusan yng di hadapi.
         6. salat hajat
                       salat hajat adalah salat sunah yang di lakukan saat kita memiliki hajat tertentu dan kita ingin hajat kita di kabulkan oleh allah swt salat hajat dapat di laksanakan antara 2 hingga 12 rakaat dengan salm di setiap 2 rakaat.
          7.salat tasbih
                           salat tasbih adalah salat untuk mensucikan allah swt dari segala sekutunya untuk memperkuat iman kita dan terhindar dari perbuatan syirik.membaca tasbih sebanyak 300 kali dengan perncian setiap 1 rakaat 75 kali tasbih.
           8.salat mutlak
                           salat mutlak adalah salat sunah yang tidak di tentukan waktunya dan tidak ad sebabnya.jumlah rakkat pun tidak ada batas , berapa saja , dua rakaat atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar