Selasa, 12 Maret 2013

BIOTEKNOLOGI


A.  Pengertian bioteknologi
               Bioteknologi adalah pemanfaatan prisip- prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasa guna kepentingan manusia .

B. Bioteknologi konvensional dan modern 
               Bioteknologi dapat dapat di golongkan menjadi bioteknologi konvensional dan modern. Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikrooganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula atau bahan makanan seperti tempe ,tape , oncom, an kecap.
1.pengolahan bahan makanan
   a. pengolahan produk susu
         susu dapat di olah menjadi bentuk – bentuk baru yaitu:
·         Yoghurt
·         Keju
·         Mentega
b.produksi makanan non susu
       *  kecap
        *tempe
        *tape
2. bioteknologi bidang pertanian
     a. penanaman secara hidroponik
           hidroponik berasal dari kata bahasa yunani hydro yang bararti air dan ponos berarti bekerja .jadi , hidroponik artinya bekerja dengan air .pada umumny orang bernanam dengan menggunakan tanah namun dalam hidroponik tidak lagi di gunakan tanah hanya membutuhkan air yang di tambah nutrien sebagai sumber makanan bagi tanaman . jnis tanaman yang telah banyak di hidroponik dari golongan tanaman hias antaon,  lain philodendron , dracaena ,agloena,  dan spatyphilum. Golongan sayuran yang  dapat di hidroponikkan antara lain, tomat, paprika , mentimun , selada, sawi, kangkung dan bayam .adapun jenis tanaman buah antara lain jambu air, melon , kedondong bankok dan belimbing.
b. penanaman secara aeroponik
        aeroponik berasal dsri kata aero yang berarti udara dan ponos yang berarti daya .jadi aeroponik adalah pemberdayaan udara. Prinsip dsri aeroponik yaitu:helaia Styrofoam di beri lubang- lubang tanam dengan jarak 15 cm ,dengan menggunakan ganja busa , anak semai sayuran di tancapkan pada lubang tanaman.akar tanamanakan menjuntai bebas ke bawah .
3.bioteknologi modern
        Dengan adanya berbagai penelitian serta perkembangan ilmu pengetauhuan dan teknologi , maka bioteknologi makin besar manfaatnya untuk masa- masa yang akan datang ,beberapa penelitian bioteknologi modern sebagai berikut :
    a. rekayasa genetik
          rekayasa genetik adalah suatu cara memanipulasikan gen untuk menghasilkan makhluk baru dendan sifat yang diinginkan . rekayasa genetik di sebut juga pencakokan gen atau rekombinasi DNA.
Untuk mengubah DNA sel dapat di lakukan melalui banyak cara yaitu :
1) transplantasi inti adalah pemindahan inti dari suatu sel yang lain agar di dapatkan individu baru dengan sifat sesuai dengan inti yang di terimanya.
2)fusi sel adalah peleburan dua sel baik dari spesies yangr sama maupun berbeda supaya terbentuk sel bastar atau hibridoma.
3)rekombinasi DNA adalah proses penggabungan DNA-DNA dari sumber yang berbeda.
     b. bioteknologi bidang ke dokteran
           bioteknologi mempunyai peran penting dalam bidang kedokteran yaitu:
1)pembuatan antibodi monoklonal adalah antibodi yang di peroleh dari suatu sumber tunggal .
2)pembuatan vaskin di gunakan untuk mencegah serangan penyakit terhadap tubuh yang berasal dari mikroorganisme.
3)pembuatan antibiotika adalah suatu zat yang di hasilkan oleh organisme tertentu dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan organismelain yang ada di sekitarnya.
4)pembuatan hormon telah di gunakan mikroorganisme untuk memproduksi hormon .
   c.bioteknologi bidang pertanian
  1)pembuatan tumbuhan yang mampu mengikat nitrogen
   2)pembuatan tumbuhan tahan hama
  d.bioteknologi bidang pertenakan
          dengan bioteknolodi dapat di kembangkan produk – produk peternakan . produk tersebut  misalnya berupa hormon pertumbuhan yang dapat merangsng pertumbuhan hewan ternak .
   e.bioteknologi bahan bakar masa depan
            alternatif bahan bakar masa depan untuk menggantikan minyak antara lain :biogas, dan gasohol .biogas di buat dalam fase aerob dalam fermentasi limbah kotoran makhluk hidup. Di Negara cina dan india terdapat beberapa kelompok masyarakat yang hidup di desa telah menerapkan teknologi fermenter gasbio untuk menghasilkan metana .sedangkan teknologi gasohol telah di kembangkan oleh Negara brazil sejak harga minyak meningkat sejak tahun 1970.
   f. bioteknologi pengolah limbah
        bioteknologi dapat di terapkan dalam pengolahan limbah , misalnya menguraian limbah  minyak , air , limbah dan plastik . dalam bioteknologi , pengolah limbah menjadi terkontrol dan anaerob .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar