Kamis, 07 Maret 2013

iman kepada qadha dan qadar allah swt

A. pengertian qadha dan qadqr

   1. pengertian qadha
         secara bahasa qadha artinya memutuskan atau menetapkan .sadangkan menurut istilah qagha adalah ketetapan allah swt kepada setiap makhluknya yang sifat azali . azali artinya ketetapan sudah ada sebelum keberadaan atau kelahiran makhluk. manusia di ciptakan oleh allah sebagai makhluk yang paling sempura bentuknya . selain itu manusia di beri potensi akal .

2.pengertian qadqr
       scara bahasa qadqr berasal dari kata ''qadaro''yang artinya memutusang sudah pasti ang kan suatu perkara . adapun secara istilah qadar adalah keputusan allah swt yang terjadi kepada seseorang berdasarkan ketetapan dan usaha serta doa yang di laukan orang tersebut .qadar sering di sebut dengan takdir .

   takdir itu dapat di bedakan menjadi dua yaitu;
1.takdir mubram ialah ketentuan allah swt yang sudah pasti berlaku atas manusia dengan ikhtiar (usaha)seperti usia ,kelahiran ,dan kematian .

2.takdir muallaq yaitu ketentuan allah swt yang mungkin dapat  di ubah oleh manusian dengan ikhtiarnya apabila allah swt mengizinkan .contoh takdur muallag di antaranya kekeyaan , kepandaian , kesehatan,dan lain -lain .semua ini tidak dapat kita peroleh hanya dengan berpangku tangan atau berdoa saja tanpa ada usaha dan ikhtiar.

B.ciri-ciri berimankepada qadha dan qadar

1.senantiasa berdoa memohon pertunjuk dan pertolongannya
2.iman dan takwa kepada allah swt semakin kuat
3.selalu sabar dan bertawakal

C.hubungan antara qadha dan qadar
  qadha dan qadar memiliki hubungan yang saling melengkapi .qadha lebih menggambarkan aspek perencanaan dan penentuan atas penciptanya terhadap segala seseuatu .

D.fungsi beriman kepada qadha dan qadar
 
 1  . melatih diri untuk banyak bersyukur dan bersabar
2.menjauhkan diri dari sifat sombong dan putus asa
3.memupuk sifat optimis dan giat bekerja
4.menenangkan jiwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar