Jumat, 11 November 2016

KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG

PENGANTAR BISNIS
KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
DINA LESTARI
| 22216075 | IT 022234

Dalam menyusun tugas rangkuman ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Tugas ini untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis yang diberikan oleh Dosen untuk softskill dalam pembuatan blog, metode yang digunakan adalah metode pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan buku maupun informasi dari internet.

1.  Nilai yang akan datang (FUTURE VALUE)
Adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap periode selama jangka waktu tertentu.
Rumus
  FV = Mo (1+i)n
Keterangan :
 FV : Nilai pada masa yang akan datang
 Mo : Modal awal
  i    : Bunga pertahun
  n   :  Jangka waktu 

Contoh soal :
Pak lukman pada 1 Januari 2015 menanamkan modalnya sebesar Rp 50.000.000, dalam bentuk deposito di bank selama 2 tahun dan bank memberikan bunga 20% per tahun maka pada 31 Desember 2015 pak lukman  akan menerima uang miliknya yang terdiri dari modal pokok ditambah bunganya.
Diketahui : Mo : 500.000.000
                  i      : 20% = 20/100 = 0,2
                  n     : 2
     Dijawab :
FV = Mo (1+i) n
FV = 50.000.000 (1+ 0,2)2
FV = 50.000.000 (1,2)2
FV = 500.000.000 (2,4)
FV = 1.200.000.000

Jadi, nilai yang kan datang uang milik pak lukman adalah Rp 1.200.000.000

2.  Nilai sekarang (Present Value)
Adalah nilai uang sekarang yang akan diperoleh atau dibayar dimasa yang akan datang dengan tingkat suku bunga tertentu pada setiap periode. Present Value atau nilai sekarang adalah nilai sekarang dari suatu nilai yang akan diterima atau dibayar di masa mendatang.
            Rumus
Pv = FV/(1+i)n
Keterangan :
Pv : Nilai sekarang
Fv : Nilai yang akan datang
I    : Bunga pertahun
    n    : Jangka waktu
Contoh soal :
Tiga tahun lagi pak prio akan menerima uang sebanyak Rp 70.000. Berapakah nilai uang tersebut sekarang jika tingkat bunga adalah 5 % setahun?
Diketahui :     Fv  = 70.000 
                        I   = 5% = 5/100 = 0.05
                        n  = 3
     DiJawab :
Pv = Fv/(1+i)n
Pv = 70.000/(1 + 0,05)3
Pv = 70.000/(1.05)3
Pv = 70.000/3.15
Jadi, nilai sekarang uang milik pak prio adalah Rp 22.222,22

3.  Nilai masa datang dan nilai sekarang
Faktor bunga nilai sekarang PVIF (r,n) yaitu persamaan untuk dalam mencari nilai sekarang merupakan kebalikan dari faktor bunga nilai masa depan FVIF (r,n) untuk kombinasi r dan n yang sama.
            Rumus
FV = Ko (1 + r) ^n
Keterangan :
FV       : Nilai mendatang
Ko       : Arus kas awal
R         : Tingkat bunga
^n        : Tahun ke-n (pangkat n)
Contoh soal
Jika lestari menabung Rp 1.000.000 dengan bunga 10% maka setelah 2 tahun lestari akan mendapat?
Diketahui  :   Ko  = 1.000.000
          r     = 10% = 10/100 = 0,1
          n    = 2
Dijawab :
FV = Ko (1+r)^n
FV = 1.000.000 (1+0,1)^2
FV = 1.000.000 (1,1)2
FV = 1.000.000 (2,2)
FV = 2.200.000
Jadi, nilai mendatang uang milik lestari adalah Rp 2.200.000

4.  Anuitas
Anuitas adalah suatu rangkaian pembayaran dengan jumlah yang sama besar pada setiap interval pembayaran besar kecilnya jumlah pembayaran pada setiap interval tergantung pada jumlah pinjaman, jangka waktu dan tingkat bunga. Anuitas dalam teori keuangan adalah suatu rangkaian penerima atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. Misalkan bunga yang terima pada obligasi atau diveden tunai dari sesuatu saham preferen.
Anuitas terbagi dari:
a.    Anuitas biasa
Anuitas biasa  adalah sebuah anuitas yang mempunyai interval yang sama antara waktu pembayaran dengan waktu dibunga majemukkan dan bila tiap pembayaran dilakukan pada tiap tahun.

Berdasarkan tanggal pembayaran anuitas biasa dibagi menjadi 3 :
1. Ordinary annuity adalah sebuah anuitas yang diperhitungkan pada setiap akhir interval seperti akhir bulan, akhir kuartal, akhir setiap 6 bulan maupun pada setiap akhir tahun.
2.  Annuity due adalah anuitas yang pembayaran dilakuakan pada setiap awal interval. awal interval merupakan perhitungan bunga yang pertama dan awal interval kedua merupakan perhitungan bunga kedua dan seterusnya.
3. Deferrend annuity adalah suatu anuitas yang pembayarannya dilakukan pada akhir setiap interval. Perbedaan dengan ardinary annuity adalah dalam hal penanaman modal dimana pada deferred anuity ada masa tengang waktu yang tidak diperhiyungan bunga.
FVn = PMT1 + in – 1 i
Keterangan :
FVn  = Future value (nilai masa depan dari anuitas pada akhir tahun ke-n).
PMT = Payment(pembayaran anuitas yang disimpan atau diterima pada setiap periode) 
i        = Interest rate ( tingkat bunga atau diskonto tahunan).
n       = Jumlah tahun akan berlangsung anuitas.


Rumus dasar present value anuitas biasa 
PVn = FVn1 – 1 (1+i) ni
PVn = Present value ( nilai sekarang dari anuitas pada akhir ke-n)

b.    Anuitas terhutang
Anuitas terhutang adalah anuitas yang pembayarannya dilakukan pada setiap awal interval. Awal interval pertama merupakan perhitungan bunga yang pertama dan awal interval kedua merupakan perhitungan bunga kedua dan seterusnya dilakukan pada awal tahun.
Rumus dasar future value anuitas terhutang adalah :
FVn = PMT ( FVIFAi,n ) ( 1 + i )


Rumus dasar present value anuitas terhutang adalah :
PVn = PMT ( PVIFAi,n ) ( 1 + i )


c.    Nilai sekarang anuitas
Nilai Sekarang Anuitas adalah nilai hari ini dari pembayaran sejumlah dana tertentu yang dilakukan secara teratur selama waktu yang telah ditentukan. Dengan kata lain  jumlah yang harus anda tabung dengan tingkat bunga tertentu untuk mandapatkan sejumlah dana tertentu secara teratur dalam jangka waktu tertentu.
PV = PMT
PV         = Nilai sekarang anuitas masa depan
PMT      = Pembayaran anuitas yang disimpan atau diterima di akhir tahun
n            = Jumlah tahun berlangsungnya anuitas
i             = Tingkat diskonto tahunan (bunga)

d.    Nilai sekarang dari anuitas terhutang
Berguna untuk mengukur setiap pembayaran yang maju satu periode atau pembayaran pada awal tahun dengan menggunakan formulasi.
An (Anuitas terhutang) = PMT(PVIFA(r,n))(1+r)

e.    Anuitas abadi
Anuitas abadi adalah serangkaian pembayaran yang sama jumlahnya dan diharapkan akan berlangsung terus menerus. Sebagian besar anuitas terbatas jangka waktunya secara definitif misalnya 5 tahun atau 7 tahun tetapi terdapat juga anuitas yang berjalan terus secara infinitif disebut anuitas abadi (perpetuities).

f.     Nilai sekarang dan seri pembayaran yang tidak rata
Anuitas tercakup kata jumlah yang tetap dengan kata lain anuitas adalah arus kas yang sama di setiap periode. Persamaan umum berikut ini bisa digunakan untuk mencari nilai sekarang dari seri pembayaran yang tak rata :
Nilai sekarang anuitas abadi = pembayaran/tingkat diskonto = PMT/r

g.    Periode kemajemukan tengah atau periode lainnya
Bunga majemuk tahunan adalah proses aritmatika untuk menentukan nilai akhir dari arus khas atau serangkaian arus kas apabila suku bunga ditambahkan satu kali dalam setahun. Sedangkan bunga majemuk setengah tahunan adalah proses aritmatika untuk menentukan nilai akhir dari arus khas atau serangkaian arus kas apabila suku bunga ditambahkan dua kali dalam setahun.

h.    Amortisasi pinjaman
Merupakan suatu pinjaman yang akan dibayarkan dalam periode yang sama panjangnya (bulanan kuartalan atau tahunan). Pinjaman yang harus diangsur dalam jumlah-jumlah yang sama pada tiap periodenya bulanan, triwulanan atau tahunan disebut pinjaman yang diamortisasikan.
     Digunakan untuk menghitung pembayaran pinjaman atau angsuran sampai jatuh tempo :
a) Dalam pembayaran angsuran terkandung pembayaran cicilan hutang dan bunga.

b) Angsuran berupa pembayaran yang tetap seperti anuitas.

c) Pinjaman atau loan diterima pada saat ini atau present value.

d) Pembayaran angsuran dapat dilakukan di awal periode atau diakhir periode.

e) Formula dapat disesuaikan dengan antara annuity due atau ordinary annuity.







Kesimpulan
Seorang maupun tingkat perusahaan yang terkait dengan aspek keuangan harus menerapakan konsep nilai waktu dari uang untuk memperoleh hasil yang memuaskan konsep ini telah demikian meluas. Konsep nilai dan waktu dari uang terjadinya perbedaan nilai uang yang disebabakan oleh adanya perbedaan waktu. Konsep ini tidak hanya berlaku bagi arus kas masuk atau jumlah uang tunai yang kita terima tetapi juga berlaku bagi arus kas keluar atau jumlah uang tunai yang kita bayarkan. Konsep nilai dan waktu terbagi dari beberapa bagian seperti : Nilai yang akan datang (future value ) adalah nilai yang akan datang menujukkan besarnya nilai uang yang ada saat ini kemasa mendatang.
Nilai sekarang adalah (present value) adalah kebalikan nilai yang akan datang.
          Nilai masa datang dan nilai sekarang adalah faktor bunga nilai sekarang persamaan untuk diskonto mencari nilai sekarang merupakan kebalikan dari faktor bunga nilai masa depan. Anuitas adalah pembayaran dalam jumlah yang tetap untuk suatu jangka waktu tertentu. dan juga terdapat macam-macam anuitas : anuitas biasa, anuitas terhutang,nilai sekarang anuitas, nilai sekarang dari anitas terhutang, anuitas abadi, nilai sekarang dari seri pembayaran yang tidak rata, periode majemuk tengah tahunan atau periode lainnya dan amortisasi pinjaman.


Referensi
http://www.scribd.com/doc/26774493/Manajemen-Keuangan-Resume-Bab-1-5#
http://id.wikipedia.org/wiki/Anuitas








Tidak ada komentar:

Posting Komentar