Kamis, 17 Mei 2018

Membuat Anyaman Kertas


"Membuat Anyaman Kertas"
         Anyaman adalah kerajinan seni kriya tradisional yang berasal dari Indonesia, bisa jumpai diberbagai tempat dari hasil dari kerajinan. Bentuk dan hasil yang menarik membuat anyaman banyak digemari oleh berbagai pihak dan kalangan. Mengayam adalah sebuah bahan yang satu dengan bahan lainnya, bahan yang biasanya digunakan untuk membuat anyaman adalah rotan, daun pandan , kertas dan lain – lain.
      Dengan mengayam kita bisa membuat kerajinan tangan yang cukup menarik, memanfaat kan waktu luang kita untuk membuat anyaman yang bagus dengan begitu maka kita telah menggunakan waktu yang kita miliki menjadi sesuatu yang bermanfaat. Membuat anyaman dari kertas adalah suatu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukanmulai dari anak – anak sampai dewasa.
1.    Pertama – tama kita membuat gambar anyaman yang kita inginkan.
2.  Dua lembar kertas asturo, sediakan kertas dengan warna yang berbeda supaya motif dari anyaman tersebut terlihat jelas dan menarik. Bisa juga menambag warna dan memilih kertas lainnya sesuai dengan keinginanmu. Contoh kertas lain adalah kertas manila.
3. Selanjutnya harus membuat pola lembaran kertas yang akan dibuat menjadi anyaman. Gunakan pensil dan penggaris untuk membuatnya, berilah jarak antara 1-1,5 cm. sisihkan jarak 2 cm pada tepi kertas (mengatur jarak sendiri sesuai selera).
4.  Potonglah pola garis yang telah dibuat menggunakan kater atau silet. Gunakan penggaris untuk membantu potongan agar menjadi rapih.
5.   Ambil kertas yang kedua, lalu gunting memanjang dengan jarak 1 cm (sesuai selera). Pastikan jarak antara kertas yang pertama dengan yang kedua sama.
6.  Setelah itu bisa untuk menganyam. Bagi yang baru pertama kali membuat anyaman, bisa membuat anyaman dengan pola yang sederhana terlebih dahulu. Jika sudah beberapa kali mencoba dan hasilnya bagus maka bisa membuat motif anyaman yang lebih sulit dari sebelumnya.
7.   Jika sudah selesai menganyam, lalu rapihkan ujung – ujung kertas yang masih berantakan, bisa gunakan gunting atau pun kater untuk merapikannya.
8. Lalu langkah terakhir adalah gunakan lem untuk merekatkan kertas pada bagian tepi. Fungsinya adalah supaya anyaman yang telah kamu buat tidak mudah lepas.
9.   Agar anyaman yang dibuat lebih menarik untuk dilihat maka gunakan figura dan masukkan atau tempelkan anyamannya kedalam. Lalu pajang anyaman tersebut ditempat sesuai dengan keinginan masing – masing.
Begitulah kurang lebihnya cara membuat anyaman dari bahan kertas. Bisa juga menggunakan tiga warna kertas sekaligus. Keterampilan akan berkembang dengan sendirinya beriringan dengan berjalannya waktu dan seiringnya membuat anyaman.


^selesai^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar